Rangka dinding pada fondasi lajur

a.rangka dinding pada fondasi lajur terdiri dari batang – batang tegak yang dipasang dengan jarak yang teratur serta dapat atau tidak menggunakan kolom utama. Batang tegak dipasang jarak 50-70cm tergantung dari dinding penutupnya.
b.sebagai balok membujur dan melintang yang merupakan landasan, terdiri dari kayu dengan ukuran sama dengan rangka yang membujur sepanjang keliling bangunan terletak  di atas fondasi yang merupakan plat tembok. Pemasangan plat tembok diperkuat dengan anker dari baja Ø 12-14 mm dipasang dengan jarak 1-1,5 m.
c.susunan balok lantai dapat terdiri dari kayu dengan ukuran yang sama 6/12 dipasang dengan jarak 50-60 cm. lantai papan tersebut dapat dengan ukuran tebal 3,5 – 4 cm dan lebar 20-25cm. agar balok lantai letaknya tidak bergeser  dan bergerak perlu dipasang skur silang dari kayu 5&7 setiap 2-2,5 m.
d.pada ujung dari balok lantai dipasang balok tutup diletakan tegak muka, dipakukan pada ujung balok lantai.
e.jika ruangan ditengah-tengahnya perlu dipasang dinding pemisah , maka tempat di mana dinding bertemu rangka tegak dibuat rangkap. Batang tegak yang rangkap juga diadakan pada tempat dimana kuda-kuda terletak.

Komentar

Postingan Populer